Jual Bata Ringan, Panel Lantai, Semen Mortar, Galvalum, Granit Tile, Keramik, Tandon Air, Renovasi dan Bangunan Rumah di Surabaya, Malang, Madiun, Jember, Banyuwangi 031-51160405, 085100398222, 081231313222, 087852574222, 085733098111

Jual Bata Ringan News

Jual Bata Ringan di Makassar, Palu, Gorontalo dan Menado

Bata Ringan di Sulawesi Bata ringan pertama kali masuk dan diperkenalkan di Indonesia sejak tahun 1995 dengan merk yang sudah dikenal sec...

Bata Ringan di Kota-Kota Kabupaten di Jawa Timur

Jual Bata Ringan 

Di beberapa kota di Jawa Timur pemakaian bata ringan sudah hampir merata, untuk kota-kota besar seperti Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Malang dan Jember bata ringan sudah sangat dikenal serta banyak digunakan sampai pada proyek bangunan pribadi baik itu renovasi maupun bangun baru.
Namun untuk beberapa kota lainnya bata ringan masih banyak digunakan pada proyek-proyek bangunan besar dan bertingkat seperti hotel dan perkantoran, untuk pemakaian proyek bangunan rumah pribadi masih jarang hal ini menunjukkan bahwa masih diperlukan sosialisasi secara intens terkait keunggulan-keunggulan dan cara pemakaian bata ringan di kota kota tersebut seperti : Banyuwangi, Bondowoso, Situbondo, Kediri, Blitar dan lainnya.
Kota Kota Di Jawa Timur
Di kota kota seperti : Banyuwangi, Bondowoso, Situbondo, Kediri, Blitar dan lainnya mayoritas konsumen masih bertahan pada pemakaian bata merah konvensional, mereka beranggapan bahwa bata ringan masih cukup mahal harganya serta masih meragukan kekuatan pada pasangan dinding bata ringan.
Selain itu masih banyak tukang-tukang yang masih belum menguasai  tata cara teknis pemasangan bata ringan dan sebagian besar enggan untuk merubah kebiasaan dari bata merah ke bata ringan dengan pemikiran mengurangi pendapatan mereka.
Para konsumen pemilik rumah masih menyerahkan kepada mandor atau tukangnya dalam hal pemilihan bahan baku pasangan dindingnya yang sebagian besar mengarahkan pada penggunaan bata merah ataupun batako, jika sistim pembayaran menggunakan sistim harian maka para mandor atau tukang akan mengarahkan pada penggunaan bata merah konvensional, jika pembayaran menggunakan sistim borongan mereka lebih suka mengarahkan pada penggunaan material batako.
Kenapa demikian ? Hal ini disebabkan selain masalah teknis pemasangan yang belum dikuasai dengan baik jika menggunakan bata ringan maka pekerjaan pemasangan dinding akan cepat selesai , jika menggunakan sistim pembayaran harian maka sebagian besar mandor atau tukang beranggapan bahwa pendapatan mereka akan berkurang.
Dari sisi konsumen pemilik proyek rumah pribadi di kota kota kecil di Jawa Timur masih belum sepenuhnya berorientasi pada efisiensi waktu, berapapun lamanya waktu pengerjaan rumahnya bukan merupakan kendala dari sebagian besar pemilik rumah berbeda dengan di kota kota besar lainnya yang selain kualitas dan harga faktor waktu juga merupakan hal yang penting.
Memang masih diperlukan waktu untuk memberikan sosialisasi maupun edukasi penggunaan bata ringan di kota kota kabupaten di Jawa Timur terkait keunggulan-keungulan, manfaat bata ringan dari sisi biaya maupun teknis sehingga konsumen dapat berpikir cerdas terkaitr biaya maupun waktu pengerjaan yang lebih cepat dan kualitas yang lebih baik.
Kita tahu bata ringan mempunyai keunggulan teknis yang lebih baik dibandingkan dengan bata merah maupun batako, lebih cepat pengerjaannya yang pada akhirnya memberikan penghematan dari segi biaya pengerjaan yang juga pada ujungnya memberikan efisiensi atau penghematan anggaran belanja pengerjaan bangunan rumah pribadi bagi konsumen pemilik rumah.

Spesifikasi Bata Ringan 

Panjang, L (mm) : 600
Tinggi, H (mm) : 200; 400
Tebal, T : 75, 100, 125, 150, 200
Berat jenis kering :500 kg/m3
Berat jenis normal : 600 kg/m3
Kuat tekan : 4,0 N/m2
Konduktifitas termis : 0,185 w/mk
Ketahanan Api : > 3jam

Keunggulan Bata Ringan 

1. Berbobot ringan
2. Kuat Tekan Tinggi
3. Tahan Gempa.
4. Cepat Pemasangannya
5. Rapi hasilnya
6. Efisien hemat waktu dan biaya
7. Presisi
8. Tahan api
9. Kedap suara yang baik
10. Hemat energi
11. Ramah lingkungan

Aplikasi Bata Ringan 

Aplikasi bata ringan sebenarnya semudah pada pemasangan bata merah jika para mandor ataupun tukan bersedia untuk belajar menguasainya, pemasangan bata ringan tidaklah rumit atau sulit bahkan semudah memasang bata merah, hanya material perekatnya yang berbeda serta instan hanya cukup ditambahkan air, soal kekentalan adonan perkat memang harus dipelajari secara baik dan benar selebihnya proses pemasangannya jauh lebih mudah daripada bata merah karena dimensi ukuran bata ringan lebih besar dibandingkan dengan bata merah konvensional.
 Pengerjaan dan pemasangan bata ringan seperti halnya aplikasi bata ringan pada umumnya tidak jauh berbeda dengan aplikasi pemasangan bata merah yang sering secara tradisi digunakan namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam aplikasi bata ringan Gracon :
1. Menggunakan semen mortar atau semen instan thin bed sebagai perekat bata ringannya dengan alat bantu untuk menekan sebuah palu karet.
2. Selalu teliti dalam pemasangan terkait kerataan baik horisontal maupun vertikal dengan bantuan alat water pass dan tarikan benang.
3. Tiap susunan 3 bata ringan diberi stek pada kolom praktisnya untuk menambah kekuatan ikat pada struktur kolom betonnya.
4. Luasan dinding 12 m2 harus memakai kolom praktis atau ring pengikat.

Berikut akan disampaikan perbandingan pemakaian bata ringan dibandingkan dengan pemakaian bata merah konvensional agar para konsumen yang akan membangun atau merenovasi  rumah pribadinya dapat mempunyai pemahaman-pemahaman yang benar terkait dengan pilihan-pilihan yang akan ditetapkan antara menggunakan bata ringan ataukah bata merah.

Perbandingan Bata Ringan dengan Bata Merah.

Secara umum perbandingan aplikasi bata ringan dibanding bata merah apapun  merk-merk bata ringan yang digunakan dengan ukuran standart adalah sama yaitu

  1. Bata ringan mempunyai kecepatan konstruksi sebesar 20 m2/hari sedangkan bata merah hanya 6-8 m2/hari, dengan demikian maka biaya tenaga kerja dengan sistim harian dapat ditekan atau dihemat secara signifikan tentunya akan mengurangi anggaran belanja pembangunan rumah dari segi biaya tenaga kerja pengerjaan pasangan dinding.
  2. Bata Ringan mempunyai daya serap air sebesar 4-6 kg/m.h sedangkan bata merah sebesar 22-30 kg/m.h hal ini membuat dinding rumah yang memakai bata ringan terhindar dari lembab ataupun berlumut sehingga dapat mengurangi biaya perawatan akibat lumut atau jamur secara signifikan.
  3. Bata ringan hanya cukup dengan spesi 3 mm sedangkan bata merah 20-30 mm karena perekat bata ringan menggunakan semen mortar atau semen instan yang cukup praktis dan hemat sehingga mampu mengurangi material yang terbuang.
  4. Bata ringan memiliki bobot berat 595 kg/m3 sedangkan bata merah mencapai 1500 kg/m3, sehingga beban struktur bangunan jauh lebih ringan sehingga lebih tahan terhadap gempa.
  5. Bata ringan mempunyai insulasi panas sebesar 0,195 W/mK sedangkan bata merah sebesar 0,65 W/mK  hal ini membuat Bata ringan mempunyai ketahanan terhadap api selama > 3 jam sedangkan bata merah hanya 2 jam. sehingga lebih memberikan waktu lebih pada saat terjadi bencana kebakaran untuk menyelamatkan jiwa maupun harta benda di dalam bangunan rumah.
Dengan menggunakan bata ringan maka :

  1. Menghemat jumlah tenaga kerja
  2. Menghemat biaya tenaga kerja
  3. Menghemat waktu pengerjaan
  4. Menghemat biaya bahan perekat, hanya butuh 1 zak isi 40 kg untuk 10 m2 pasangan dinding
  5. Pemasangan cepat dan rapi
  6. Lebih presisi
  7. Menghemat pekerjaan dan bahan plaster serta acian

Distributor Bata Ringan

Dari uraian diatas semoga memberikan informasi yang cukup sebagai dasar pertimbangan dalam memilih bata ringan untuk material pasangan dinding bangunan rumah pribadi dari pada penggunaan bata merah konvensional.
Jika masih memerlukan informasi ataupun konsultasi teknis terkait penggunaan bata ringan anda dapat menghubungi PT. Tiga Mitra Surabaya yang merupakan salah satu supplier atau distributor bata ringan yang sudah berpengalaman hampir lima tahun ini.
Informasi dan pemesanan hubungi kami :

PT. Tiga Mitra Surabaya

Jl. Raya Klakahrejo, ruko TCBD-TR. 1/11 Kandangan - Benowo - Surabaya 60198
Telp. (031) 51160405, Hp. 081231313222, 085100398222, 085331398222, 087852574222, 085733098111, 085733098111,

PT. Tiga Mitra Surabaya Cabang Malang

Jl. Ki Ageng Gribig no. 07 Malang
Telp. (0341) 3022290 HP. 082132137447

PT. Tiga Mitra Surabaya Cabang Jember

Jl. MT. Haryono no. 68 Jember
Telp. (0331) 323400, HP. 082234615557

Labels: bata ringan

Thanks for reading Bata Ringan di Kota-Kota Kabupaten di Jawa Timur. Please share...!

0 Comment for "Bata Ringan di Kota-Kota Kabupaten di Jawa Timur"

Back To Top